20 February 2012

7 Hal yang Harus Dipertimbangkan dalam Memilih Paket Internet


Internet. Sebuah dunia di mana jarak dan waktu bukan lagi masalah, semua terhubung dan bersatu dalam sebuah dunia virtual yang kerap di sebut dunia maya. Untuk terhubung ke internet di perlukan dua elemen penting yaitu perangkat dan jaringan data. Perangkat dapat berupa modem,laptop,pc,tablet,maupun smatrphone.
Sedangkan jaringan data disediakan oleh berbagai operator gsm seperti telkomsel,xl,indosat,axis,three atau bisa juga lewat jalur cdma via flexy,smartfreen,aha, dan esia.
Serta yang tak kalah merajai dengan stabilitas jaringannya karena menggunanakan kabel adalah Telkom Speedy.
Saat ini tariff internet di Indonesia masih tergolong mahal, untuk itu kita harus cerdas dalam memilih paket internet yang murah dan sesuai kebutuhan.
Nah sebelum menentukan paket internet mana yang akan kita pakai sebaiknya pertimbangkan dulu hal hal berikut ini:
Operator, kita bisa memilih langsung dari operator yang sedang kita pakai di ponsel kita. Cara ini sangat praktis karena tentunya kita sudah sangat familier dengan operator tersebut, tentang sinyal, jaringan, tarif, beserta segala kekurangan dan kelebihannya. Namun ada baiknya kita juga mempertimbangkan operator lain bila memang kita gunakan untuk modem dan operator lain tersebut menawarkan lebih banyak keunggulan daripada operator ponsel.

Tempat, Dimana kita berada dan tempat apa yang biasa kita gunakan untuk berinternetan ria. Tempat ini sangat berpengaruh pada penerimaan sinyal yang kemudian mempengaruhi cepat dan stabilnya koneksi. Pastikan Operator yang kita pilih mempunyai jangkauan sinyal yang kuat baik di luar ruangan maupun di dalam ruangan. Karena ada operator yang sinyalnya lemah di dalam ruangan dan ini berpengaruh pada stabil tidaknya koneksi, Jadi sebelum memilih paket internet yang akan kita pakai, pastikan tempat kita tercover dengan baik sinyalnya di berbagai kondisi.

Bila Anda tidak mau dipusingkan dengan menginstall software speed detector, Anda bisa menggunakan cara manual yang praktis untuk melihat coverage area. Dalam hal ini Anda dengan beberapa rekan bisa bekerja sama untuk menguji coba dengan kartu dari beberapa operator sekaligus. Pilih paket murah sehari dan praktekkan di lokasi dimana Anda paling banyak beraktifitas internet. Agak ribet dan butuh kerja sama namun hasilnya sepadan.

Tarif, Operator menyediakan berbagai tariff yang bisa kita pilih sesuai kemampuan kantong kita. Cek dulu kondisi keuangan kita sebelum membeli paket internet yang memiliki tariff yang “lumayan”. Jangan sampai terlalu memberatkan keungan kita. Gag lucu banget kan kita surfing internet ria tapi perut keroncongan

Jenis Paket, ada istilahnya paket unlimited, time bassed, dan volume based. Dalam memilih jenis paket yang kita gunakan ini, pertimbangkan dengan kebutuhan internet kita. Paket unlimited menawarkan bandwith yang tidak terbatas sehingga tidak perlu takut kehabisan kuota ataupun waktu, seperti pada paket volume dan time bassed. Tapi biasanya tarifnya lebih mahal dan jangan terjebak dengan jargon "unlimited' karena se-unlimited-unlimitednya pasti masih ada limit atau batas yang diberlakukan oleh setiap operator. Biasanya unlimited diberi kuota maksimal berapa MB/GB, bila lewat dari kuota tersebut maka kecepatan akan diturunkan secara drastis. Jangan hanya tergiur dengan paket unlimited dan murah. Cari info sebanyak-banyaknya melalui internet. Selalu tanamkan prinsip bahwa tidak ada pedagang yang mau rugi. Dan operator memang tak lebih dari pedagang di bidang informasi.

Kebutuhan, Untuk kegiatan apa saat kita berinternet ria? browsing, chatting, streaming, atau mendownload file? Sesuaikan kebutuhan kita dengan paket yang akan kita pilih… misalkan untuk download lebih bijaksana jika kita memilih time bassed karena biasanya tarifnya lebih murah. Atau kalau untuk browsing dan chatiing, volume bassed sudah mengcover kebutuhan itu…sedangkan untuk pemakaian campuran dari yang di list di atas bias memilih paket unlimited

Rentang waktu, Berapa lama waktu yang akan kita gunakan, jam-jaman, harian,mingguan atau bulanan? Sesuaikan dengan keadaan. Jangan sampai paket internet yang kita beli mubadzir karena salah menentukan rentang waktu yang akan kita pakai. Bijaklah dalam memilih. Kalo kita butuh koneksi setiap saat, pilihlah rentang waktu yang lama. Namun jika cuma sekedar menghabiskan weekend dengan berlibur ke dunia maya, sepertinya paket harian sudah cukup.

Devices/Perangkat, Beda Perangkat beda juga pertimbangan dalam memilih paket internet. Perangkat seperti Laptop maupun computer pc biasanya membutuhkan kuota dan bandwith yang lebih dibandingkan devices mobile seperti tablet maupun smartphone karena jenis tampilan di ponsel tentu lebih sederhana.

Hal hal diatas adalah yang perlu di pertimbangkan dalam memilih paket internet yang murah, murah dalam arti tarifnya, waktunya, dan yang pasti sesuai kebutuhan dan keuangan. Cerdas dalam memilih akan meminimalisir kemungkinan ketidak sesuaian paket yang di inginkan dengan yang dibutuhkan, kalau tidak sesuai ujung-ujung nya malah kecewa… Berkebalikan dengan tujuan berinternet ria untuk fun dan refreshing.

Semoga Bermanfaat…

0 comments:

Post a Comment

 

MOBILE PHONE INFO Copyright © 2009 Gadget Blog is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal